Perencanaan Organisasi Kewirausahaan
Apa sih Perencanaan Organisasi itu?
Perencanaan Organisasi adalah proses menentukan bagaimanan
organisasi bisa mencapai tujuannya. Perencanaan adalah proses menentukan dengan
tepat apa yang akan dilakukan organisasi untuk mencapai tujuannya. Dalam
istilah resmi perencanaan didefinisikan sebagai perkembangan sistematis dari
pogram tindakan yang ditunjukan pada pencapaian tujuan bisnis yang telah
disepakati dengan proses analisa, evaluasi, seleksi diantara peluang-peluang
yang diprediksi terlebih dahulu. Perencanaan organisasi mempunyai dua maksud:
perlindungan dan kesepakatan (protective dan affirmative).
Keuntungan Program Perencanaan:
1. Membantu wiraswastawan berorientasi ke masa depan
2. Koordinasi keputusan
3. Menenkankan tujuan organisasional
Kekurangan Program Perencanaan:
1. Penekanan pada program perencanaan akan memakan banyak
waktu manajemen
Jenis-Jenis Perencanaan
Aktivitas perencanaan bisa di bagi menjadi dua, yaitu :
a. Perencanaan
Strategis
Adalah perencanaan jangka panjang yang dipusatkan pada
organisasi secara keseluruhan. Wirausahawan memandang organisasi sebagai satu
unit total dan memutuskan apa yang hendak dilakukanyan dalam jangka panjang
untuk mencapai tujuan organisasinya. Perencanaan jangka panjang wirausahawan
adalah mencoba menentukan apa yang akan dilakukan oleh organisasi agar berhasil
dalam kurun waktu 3 sampai 5 tahun mendatang.
· Definisi
Strategis
Adalah suatu rencana luas dan umum yang dikembangkan untuk
mencapai tujuan organisasi jangka
panjang. Strategi adalah hasil akhir
dari perencanaan strategis. Agar strategi bisa berdaya guna , ia harus konsisten
dengan tujuan organisasional yang pada akhirnya harus konsisten dengan maksud
organisasional.
· Manajemen
Strategi
Walaupun perumusan strategi adalah salah satu langkah dalam
proses manajemen strategis, perumusan strategi lebih banyak mendapatkan
perhatian dalam literatur manajemen dibandingkan proses lainnya.
· Pertanyaan
dalam Merumuskan Strategi
- Apakah tujuan dan
maksud dari organisasi itu? Jawaban pertanyaan ini adalah memberitahukan kearah
mana organisasi tersebut diarahkan. Strategi yang tepat guna mencerminkan
maksud dan tujuan organisasi.
- Kemankah organisasi
ini akan diarahkan? Jawabannya dalah bisa dengan memberitahukan pada
wirausahawan apakah organisasi sedang mencapai tujuannya, jika iya, apakah
tingkat kemajuan ke arah pencapaian tujuan tersebut memuaskan atau tidak.
- Dengan jenis
kondisi lingkungan apa organisasi tersebut mempunyai keberadaan? Baik
lingkungan internal dan eksterbal, maupun faktor-faktor di dalam dan diluar
organisasi, termasuk apa yang ditanyakan oleh pertanyaan ini. Jawabannya bisa
membantu wirausahawan didalam menetapkan kekuatan, kelemahan, masalah-masalah,
dan kesempatan organisasi yang ada.
b. Perencanaan
Taktis
Adalah perencanaan jangka pendek yang menekankan pada
operasi berbagai bagian organisasi yang sedang berjalan. Wirausahawan
menggunakan perencanaan taktis untuk menguraikan apa yang harus dilakukan oleh
berbagi bagian dari organisasi untuk mencapai keberhasilan pada jangka waktu
satu tahun atau kurang.
Wirausahawan memerlukan perencanaan strategis
maupun taktis, tetapi kedua program tersebut harus saling berhubungan agar
tercapai suatu keberhasilan. Perencanaan taktis hendaknya dipusatkan pada apa
yang akan dilakukan dalam jangka pendek untuk membantu mencapai tujuan jangka
panjang yang ditentukan dengan perencanaan strategis.
Pengorganisasian
Pengorganisasian adalah suatu proses pembentukan kegunaan
yang teratur untuk semua sumber daya dalam system manajemen. Penggunaan yang
teratur tersebut menekankan pada pencapaian tujuan system manajemen dan
membantu wiraswastawan tidak hanya dalam pembuatan tujuan yang Nampak tetapi
juga dalam menegaskan sumber daya yang akan digunakan untuk mencapai tujuan
tersebut.
Fungsi pengorganisasian sangat penting bagi system manajemen
karena merupakan mekanisme utama dengan mana wiraswastawan mengaktifkan
rencana-rencana. Pengorganisasian menciptakan dan mempertahankan hubungan antar
semua sumber daya organisasional dengan menunjukkan sumber daya yang akan
digunakan untuk aktivitas tertentu, dan kapan, dimana dan bagaimana sumber daya
tersebut digunakan.
Lima langkah utama dari proses pengorganisasian adalah:
1. Tercermin dalam rencana-rencana dan tujuan-tujuan
2. Menetapkan tugas-tugas pokok
3. Membagi tugas-tugas pokok dalam subtugas-subtugas
4. Alokasi sumber daya dan pengarahan bagi subtugas-subtugas
Sumber:
http://www.elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/kewirausahaan/bab10-perencanaan_organisasi_kewirausahaan.pdf
http://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:CMp3_VLmE04J:www.elearning.gunadarma.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar