Sabtu, 13 Oktober 2012


Kepribadian Bangsa Timur

Kalian tau gak kalo Indonesia itu memiliki budaya bangsa timur yang begitu menonjol dalam kehidupan masyarakatnya? Hal ini merupakan bagian dari kepribadian bangsa kita. Kita bisa menemukan budaya bangsa timur didalam kehidupan masyarakat kita. Nah, berikut ini merupakan resensi mengenai kepribadian bangsa timur yang saya dapatkan dari http://andialiefonaction.blogspot.com/2010/11/kepribadian-bangsa-timur.html

Pertama - tama sebelum saya menjelaskan apa itu arti kepribadian bangsa timur,saya akan menjelaskan terlebih dahulu Manusia dan kebudayaan :

A.   Manusia dan Kebudayaan
Manusia dan kebudayaan merupakan salah satu ikatan yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan ini.Manusia sebagai makhluk tuhan yang paling sempurna menciptakan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya secara turun menurun.Budaya tercipta dari kegiatan sehari hari dan juga dari kejadian – kejadian yang sudah diatur oleh yang maha kuasa.

1.    Hakekat Manusia
Manusia diciptakan oleh tuhan sebagai makhluk hidup yang sempurna,melebihi ciptaan tuhan yang lain.Manusia terdiri dari jiwa dan raga yang dilengkapi dengan akal pikiran serta hawa nafsu.Tuhan menanamkan akal dan pikiran kepada manusia agar dapat digunakan untuk kebaikan mereka masing – masing dan untuk orang di sekitar mereka.Manusia diberikan hawa nafsu agar mampu tetap  hidup di bumi ini.salah satu hakekat manusia lainnya adalah Manusia sebagai makhluk sosial,hidup berdampingan satu sama lain,berinteraksi dan saling berbagi.

2.    Kebudayaan
Kebudayaan berasal dari kata budaya yang berarti hal – hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.Definisi kebudayaan itu sendiri adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia,sehingga dalam kehidupan sehari – hari,kebudayaan itu bersifat abstrak.namun kebudayaan juga dapat kita nikmati dengan panca indera kita. Lagu,tari,dan bahasa merupakan salah satu bentuk kebudayaan yang dapat kita rasakan.

Berikut beberapa definisi kebudayaan menurut para ahli :

1. Ki Hajar Dewantara
Kebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.

2. Koentjaraningrat

Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.

3. Edward B. Taylor

Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adapt istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat.


B.   Kepribadian Bangsa Timur
Manusia mendiami wilayah yang berbeda,berada di lingkungan yang berbeda juga.hal ini membuat kebiasaan,adat istiadat, kebudayaan dan kepribadian setiap manusia suatu wilayah berbeda dengan yang lainnya. Namun secara garis besar terdapat tiga pembagian ,yaitu : Barat,Timur tengah ,dan Timur.
Kepribadian bangsa timur sangat identik dengan benua Asia khususnya indonesia.kepribadian bangsa timur menjunjung nilai kesopanan yang lebih tinggi dibanding budaya barat.selain itu, kepribadian bangsa timur juga lebih terbuka,ramah tamah dan bersahabat terhadap bangsa atau negara lain.orang – orang dari wilayah lain sangat suka dengan kepribadian bangsa timur yang tidak individualistis salin tolong satu sama lain dan bergotong royong.
Ini sangat berbeda dengan kepribadian bangsa barat yang bersifat liberal serta lebih indvidualis dan egois dalam kehidupan bermasyarakat.Meskipun begitu,Kebanyakan bangsa timur masih tertinggal oleh bangsa barat dan timur tengah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar